DISKUSI KAMISAN & MIMBAR BEBAS BEM FH UNISSULA


    Diskusi Kamisan adalah salah satu Program Kerja BEM FH UNISSULA Periode 2021/2022 yang dibawahi oleh Kementerian Kajian dan Aksi Strategis. Program kerja ini dilaksanakan pada hari kamis, 16 September 2021 di Sekretariat BEM FH UNISSULA. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan daya kritis setiap anggota serta sebagai pemantik acara mimbar bebas pada malam harinya.

    Tema yang diangkat pada forum Diskusi Kamisan ini adalah “Hak Asasi Manusia” yang merujuk kepada isu gender dan sexism di Indonesia. Forum ini dimoderatori oleh Rafi Yusnia Salim selaku Staff Kementerian Kajian dan Aksi Strategis dan dipandu langsung oleh Presiden BEM FH UNISSULA Reza Bagoes Widiyantoro. Metode yang digunakan dalam diskusi ini adalah diskusi interaktif antar anggota dengan dipantik studi kasus oleh pemandu diskusi. Acara yang diselenggarakan tiap tahun ini berjalan dengan baik dan menarik karena antusiasme para anggota mengikuti rangkaian acara Diskusi Kamisan ini. 




MIMBAR BEBAS


Kegiatan ini dilaksanakan pada malam hari tepatnya hari Kamis, 16 September 2021 setelah acara Diskusi Kamisan dilaksanakan. Acara tersebut bertujuan sebagai media berekspresi dan beraspirasi mahasiswa UNISSULA mengawal situasi dan kondisi yang ada di Indonesia. Rentetan acara di dalam kegiatan tersebut berupa orasi, puisi, bernyanyi, dan puncaknya berupa simbolisasi serta doa kepada para korban yang diperjuangkan hak-haknya. Mimbar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Hukum saja, tetapi seluruh mahasiswa di UNISSULA ikut serta dalam meraimakan acara tersebut. Bahkan, salah satu dosen Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum UNISSULA pun turut serta mendukung jalannya acara dan memantau agar acara berjalan secara kondusif serta tidak anarkis.